Tips Menghilangkan atau Membersihkan Karang Gigi Sendiri yang Membandel

Artikel yang membahas tentang Tips Menghilangkan atau Membersihkan Karang Gigi Sendiri yang Membandel tanpa harus ke Dokter secara alami mudah dan murah memang kini banyak dicari oleh banyak kalangan, hal ini berbarengan dengan semakin banyaknya penderita gigi berkarang.

Mungkin bagi sebagian orang karang gigi (tartar) merupakan sesuatu yang tidak terlalu diperdulikan. Tapi tahukah anda akibat fatal yang terjadi jika anda membiarkan karang gigi terus bersarang di mulut anda? Menurut beberapa penelitian hal ini akan menyebabkan kanker mulut karena karang gigi akan menjadi bakteri yang bisa memicu tumbuhnya sel kanker.

Tips Menghilangkan atau Membersihkan Karang Gigi Sendiri yang Membandel

Lalu apa yang dimaksud karang gigi? Apa penyebab timbulnya karang gigi? Dalam istilah kedokteran karang gigi juga biasa disebut plak gigi yaitu semacam kotoran yang menempel pada gigi yang timbul akibat adanya sisa-sisa makanan yang melilit pada gigi. Karang gigi juga bisa diakibatkan karena seseorang yang malas melakukan gosok gigi, terutama gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur.

Sisa makanan yang menempel di gigi akan mengeras di gigi dan menjadi karang gigi. Plak gigi kemudian akan menyebar ke seluruh bagian gigi dan menimbulkan bau tidak sedap untuk jangka pendek. Penjelasan lengkap mengenai penyebab dan pencegahan karang gigi silahkan anda baca: Penyebab dan 5 pencegahan karang gigi

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi karang gigi, dari pengobatan tradisional (alami) sampai dengan metode medis yang dilakukan oleh dokter gigi. Perbedaan kedua metode diatas adalah apabila mengobati karang gigi dengan bantuan dokter gigi atau medis memerlukan biaya yang cukup mahal.

Namun demikian, sekarang justru banyak orang yang menggunakan bantuan dokter gigi untuk mengobati karang gigi. Hal ini terjadi karena menurut mereka dengan menggunakan metode ini akan lebih cepat sembuh dibandingkan dengan metode tradisional.

Lalu apakah mengobati karang gigi dengan metode tradisional tidak manjur? Jangan salah kaprah dulu. Justru metode tradisional ini sangat dianjurkan karena metode ini aman untuk gigi serta tidak merusak email gigi. Dan untuk kesempatan kali ini saya akan membagikan cara alami menghilangkan karang gigi melalui metode tradisional yang bisa anda lakukan di rumah.

Tips mencegah timbulnya karang gigi


Tips Menghilangkan atau Membersihkan Karang Gigi Sendiri yang Membandel
  • Anda dapat mengurangi plak yang menempel pada gigi dengan cara sering mengkonsumsi air putih setelah makan atau cemilan. Karena air putih dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi anda dengan baik.
  • Setelah mengkonsumsi air putih, anda disarankan untuk berkumur setelah makan, hal ini akan membantu menghilangkan bau mulut dan sisa makanan yang membandel dan menempel di gigi.
  • Hal yang terpenting biasakan menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah bangun tidur dan sebbelum tidur. Cara ini akan sangat ampuh menghilangkan plak gigi. Karena kandungan fluoride yang terdapat dalam sikat gigi akan membantu membasmi menghilangkan bakteri penyebab plak gigi.
  • Lalu apa makanan yang bisa membantu menangkal plak gigi? Jawabannya adalah buah-buahan dan sayuran yang anda konsumsi setelah makan. Hal ini yang menyebabkan mengapa sayur dan buah masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna karena buah dan sayuran akan membantu memperbaiki email gigi yang telah rusak serta mencegah timbulnya bau mulut.
Cara diatas merupakan tips mencegah timbulnya plak gigi, kemudian bagaimana jika mulut kita terlanjur terkena karang gigi? Untuk itu di artikel ini kami juga membagikan cara untuk membersihkan plak yang terlanjur menempel pada gigi.

Cara membersihkan karang gigi sendiri secara alami

  1. Menggunakan Kulit Jeruk. Cara ini tergolong ampuh untuk membersihkan plak gigi. Terutama plak gigi yang membandel dan caranya pun cukup mudah. Anda tinggal menggosokan kulit jeruk bagian dalam ke gigi anda. Lakukan setelah makan akan efektif menghilangkan bau mulut.
  2. Menggunakan Cengkeh. Seperti yang kita ketahui jika cengkeh juga merupakan obat ampuh untuk menghilangkan plak gigi. Caranya sangat mudah, yaitu anda tinggal menggosokan cengkeh ke plak anda, setelah itu dilanjutkan berkumur.
  3. Menggunakan Strawberry. Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi. Cara terbaik yaitu dengan sering mengkonsumsi strawberry. Hal ini akan membantu mengikis karang gigi degan cepat.
  4. Menggunakan Biji Asam Kawak. Cara ini mungkin asing bagi sebagian orang karena jarang orang yang menggunakan asam kawak sebagai obat penghilang gigi. Asam kawak bisa membantu menghilangkan plak gigi dengan cara menumbuk biji asam kawak sampai halus kemudian campurkan dengan sedikit air hangat.Lalu digunakan sebagai pasta gigi. Lakukan secara rutin agar karang gigi cepat hilang dan bersih dari gigi anda.
Kunci dari semuanya adalah pola hidup sehat yang anda lakukan akan sangat membantu mencegah timbulnya karang gigi.

Lihat juga :
Mengobati Sakit Gigi Bolong Tradisional
Obat Tradisional Sakit Gigi Berlubang Untuk Ibu Hamil
Cara Memutihkan Gigi dengan Mudah
Cara Mengobati Sakit Gigi Graham
Yaitu minimal dengan gosok gigi 2 kali sehari dengan benar dan rutin. Namun apabila beberapa saran diatas kurang berhasil. Maka anda disarankan untuk segera ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi anda agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah beberapa cara alami menghilangkan karang gigi yang bisa dengan mudah anda lakukan dirumah.

2 comments:

  1. website ini sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi, saya akan merekomendasikan kepada yg lain. Templete nya mantaap,klo boleh tau nama templetenya apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas, nama templatenya Blogghiamo Blogger Template...

      Delete

# # # # # #